Dream Big, Dream Right!

Poetry

[Sebuah cerita dari Putri Maharani U. (Rani), seorang pelajar dari SMP Santa Ursula Jakarta, ditulis dalam rangka bagian aktivitas dalam pelatihan “The Incredible Me”]

Saya punya mimpi, karena saya punya mimpi maka saya juga punya cita-cita. Saya bercita-cita menjadi seorang penulis. Selain itu, saya juga mengasah bakat saya dengan bermain piano, dengan mengikuti berbagai perlombaan dan konser. Tetapi, bermain piano hanya merupakan hobi. Saya ingin menekuni dalam bidang menulis, terutama novel. Proses awal yang saya lakukan adalah mulai membuat beberapa cerpen. Cerpen tersebut saya publikasikan ke facebook saya maupun blog saya. Dan ternyata cerpen tersebut  mendapatkan respon positif dari pengguna facebook yang menjadi friends dalam akun facebook saya, dari orang dewasa maupun anak SD yang membacanya.

Saya makin bersemangat karena dukungan dari orang tua dan teman-teman yang selalu support disaat saya mentok ide. Saya sangat suka membaca, terutama nocel yang bernuansa remaja atau yang sering disebut teenlit. Keluarga saya merupakan keluarga yang suka membaca buku, terbukti dari adanya perpustakaan kecil yang ada di rumah saya. Membaca merupakan hobi yang sudah familiar bagi kalangan anak kecil, remaja, maupun orang dewasa.

Hal tersebut mendorong saya dari hanya membuat cerpen hingga ingin membuat novel. Ternyata membuat novel tidak segampang yang saya kira, membuat prolog saja ternyata sangat susah, apalagi untuk menarik perhatian pembaca, dengan membuat awal yang menarik. Hingga suatu ketika saya mentok ide dan saya bingung mau melanjutkan seperti apalagi. Papa saya yang sering memberikan masukan, dan masukan itu sangat berguna untuk saya.

Papa saya berinisiatif untuk mengumpulkan cerpen-cerpen saya untuk dijadikan novel, saya setuju dan mulai mengedit cerpen-cerpen saya yang kurang sempurna. Lalu suatu ketika, tepatnya pada saat saya mulai memasuki SMP, saya mulai menyukai dunia sastra. Berasal dari tugas Bahasa Indonesia  dari sekolah, untuk membuat analisis penokohan dan perwatakan dari sebuah buku sastra.

Kata-kata sastra memang sulit dipahami, tetapi bila kita resapi dan dibaca baik-baik, maka kita dapat memahami apa artinya.. Saya mulai mencari buku-buku sastra yang menarik, salah satunya buku karya Dee, seperti Perahu Kertas, Filosofi Kopi, dan lain-lain. Mungkin orang-orang akan menganggap saya aneh karena di umur saya yang dini ini, saya malah menyukai buku-buku sastra yang notabene merupakan bacaan orang dewasa. Tetapi apa itu salah? Tentu tidak.

Yang saya paling sukai dari buku sastra adalah puisi-puisinya. Puisi itu terdapat kata-kata yang indah dan penuh misteri. Seakan-akan kita perlu mencari tahun apa arti puisi tersebut. Saya sangat suka puisi-puisi karya Chairil Anwar. Puisi tersebut menarik dengan kata-kata yang indah. Dari situ, saya mulai menyelipkan puisi-puisi karya saya dalam cerpen yang saya buat.

Saya berusaha dan terus berusaha, sampai suatu ketika banyak teman-teman yang mulai nagih cerpen-cerpen saya. Karena memang saya sudah lama tidak mempublikasikan cerpen-cerpen saya. Saya merasa diharagai dan saya merasa diterima dalam dunia menulis. Saya akan terus berusaha dan saya tidak akan menyerah.

Comments on: "Poetry" (3)

  1. Smangat ya, Rani!🙂 Teruslah menulis puisi..

  2. Halo Putri! Ini Kak Jessica! Apa kabarnya? Waaaa! Ayo belajar yang giat dan baca-baca lebih banyak karya sastra. Dan SMA masuk jurusan Bahasa sangat membantu loh untuk mengasah kemampuan sastra kamu. Karya sastra Indonesia dari zaman Balai Pustaka sampai tahun 70-80an itu bagus banget loh! =D
    Dan kalau iseng boleh mampir ke blog http://makna-kata.blogspot.com. Kamu bahkan bisa mencoba menjadi penulis di blog tersebut sebagai latihan menulis!

    Semangaaattt!!! =D

  3. Elizabeth Victoria Tanuwijaya said:

    Ran, ini gua VT. Gua dukung cita-cita loe koq jadi penulis. Jangan lupa mengenai MBnya ya

Leave a Reply

