Dream Big, Dream Right!

Merancang Pembasmi Kesepian

[Sebuah cerita dari Jessica Farolan]

Sebelumnya, saya pernah bercerita tentang bagaimana saya memiliki mimpi untuk menemani mereka yang kesepian (“Menemani Mereka Yang Kesepian“). Sekarang, saya sedang dalam proses merajut impian saya tersebut. Ya, saya sedang merancang pembasmi kesepian dan depresi! =D

Pemuda Berani Mengubah

Pada bulan Oktober 2011, saya mengenal seseorang bernama Pandji Pragiwaksono melalui stand up comedy. Melalui akun twitter-nya saya kemudian mengetahui sebuah program #BeraniMengubah yang ia prakarsai dan bekerja sama dengan Coca Cola Indonesia. #BeraniMengubah merupakan sebuah kompetisi ideĀ mengubah Indonesia menjadi lebih baik dalam 5 bidang (pemberdayaan ekonimi, lingkungan, seni dan budaya, pendidikan, gaya hidup dan kesehatan). Saya yang memiliki concern terhadap kesehatan mental dan depresi memasukkan ide saya ke dalam kompetisi tersebut.

Pada bulan November 2011, saya melakukan penjurian ide karena ide saya berhasil masuk menjadi salah satu dari 25 ide terbaik yang dipilih oleh 7 juri utama. Impian saya selangkah mendekati perwujudannya! Penjurian tersebut berhasil meloloskan saya menjadi seorang finalis di kategori gaya hidup dan kesehatan.

Pada tanggal 20 Desember 2011, secara resmi impian saya dinyatakan akan diwujudkan. Saya berhasil memenangkan kompetisi itu bersama 4 pemenang lainnya di bidang masing-masing! Kami dibiayai oleh Coca Cola sebesar 15 juta Rupiah.

Hal itu tidak berhenti sampai di sana. Semenjak Februari 2012, saya sudah mulai sibuk merancang modul untuk membentuk social support yang efektif dalam menghadapi depresi. Saya membedah ulang skripsi, rapat modul training, mentoring setiap minggunya bersama pemenang lainnya. Karena merancang pembasmi kesepian bukanlah gerakan satu kali jalan. Gerakan ini harus berlanjut dan bertambah luas. Dan untuk itu segala hal perlu dipertimbangkan. Dimulai dari strategic planning, marketing, business plan, alat ukur, alat asesmen, dsb. Semuanya perlu dipertimbangkan dan dirinci secara detail.

Sungguh, ini pengalaman yang luar biasa!!! Ini mimpi saya yang sedang dirajut!!! Dreams really DO come true!!! Terkadang rasanya saya tidak percaya bahwa mimpi terbesar saya sedang dirajut. Perlahan, tapi pasti. Dan saya percaya saya sedang bekerja bersama orang-orang yang terpercaya kualitasnya dalam merajut mimpi ini.

Leave a Reply

