Dream Big, Dream Right!

Teman-teman, Kartini merupakan salah seorang pahlawan Indonesia yang paling diingat oleh bangsa kita. Hari lahirnya dirayakan secara tersendiri sebagai sebuah hari nasional. Hari Kartini bahkan merupakan hari nasional termeriah kedua setelah HUT Kemerdekaan RI. Setiap tahun pada Hari Kartini, di mana-mana dapat kita lihat orang-orang, terutama wanita, menggunakan pakaian adat. Kemudian di TV hampir tidak putus-putusnya iklan dan acara yang membahas tentang Hari Kartini.

Teman-teman, apabila kita membayangkan dan membandingkan Kartini dengan pahlawan nasional lainnya, mungkin kita dapat melihat bahwa Kartini bahkan tidak pernah angkat senjata melawan penjajah. Tidak mempertaruhkan nyawanya di medan perang demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Kartini jika kita perhatikan bahkan kehidupannya pun seperti wanita pada umumnya, wanita biasa. Tetapi mengapa beliau mendapat tempat khusus di hati bangsa kita? Mengapa hanya Kartini yang mendapat hari raya khusus?

Apa yang membuat Kartini begitu spesial bagi bangsa kita?

Menurut saya, ada 2 hal yang membuat Kartini begitu spesial.

1. Kartini mengangkat derajat kaum wanita di Indonesia

Saya yakin apabila saya mengadakan survey ke banyak orang indonesia tentang pertanyaan saya, maka jawaban terbanyak yang keluar adalah poin pertama saya ini. Kartini mengangkat derajat kaum wanita di Indonesia. Kartini walau tidak pernah mengangkat senjata melawan penjajah, tapi dirinya berjuang untuk kemerdekaan yang berbeda dan dengan cara yang berbeda. Kemerdekaan wanita Indonesia.

Peran Kartini membuat para wanita di bangsa kita, saat ini mampu untuk mengenyam pendidikan yang sama dengan pria. Bahkan saya menemukan banyak dari teman wanita saya yang jauh lebih berprestasi dibanding para pria di sekolah maupun di fakultas saya. Kartini memungkinkan wanita Indonesia saat ini dapat menjadi siapapun dan apapun yang mereka mau. Dapat mengejar mimpi mereka sendiri.

Kita boleh berbangga hati dengan peran kaum wanita bangsa kita. Sebagai bangsa yang sedang berkembang dan berjuang, kita sudah memiliki banyak menteri, bahkan presiden wanita. Prestasi yang bahkan belum dapat dicapai oleh banyak negara maju di dunia. Saya kemarin berbincang-bincang dengan teman saya asal Jerman dan Korea, ternyata wanita di sana mendapatkan gaji yang jauh lebih rendah dengan pria, walau pekerjaan dan jabatan mereka sama. Negara kita, walau tidak semaju negara mereka, paling tidak masalah gaji wanita dan pria sudah disamakan.

2. Kartini memiliki mimpi besar dan visi yang melampaui siapapun juga pada masanya

Papa saya pernah sekali berkata tentang Kartini, “Hal yang membuat Kartini luar biasa dan dikenang adalah karena beliau memiliki mimpi dan visi yang melampaui siapapun juga pada masanya!” Saya sampai saat ini selalu teringat dengan kata-kata tersebut. Kartini hidup pada masa di mana derajat kaum wanita sangat rendah dan hak yang sangat terbatas. Saat itu, masalah ini adalah masalah yang wajar, semua pria dan wanita beranggapan bahwa seperti itulah kodrat wanita. Kodrat yang saat itu terlihatnya tidak akan dapat berubah.

Kartini saat itu beranggapan bahwa bangsa yang besar, harus melibatkan wanita di dalamnya. Oleh karena itu, wanita pun harus punya hak dan kedudukan yang setara dengan pria. Mimpi Kartini ini luar biasa besar. Mimpi yang melawab kodrat dan keyakinan umum. Visinya, bahwa wanita bisa bersekolah dan setara dengan pria akan membuat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar, melebihi visi siapapun. Kartini berjuang keras demi mimpinya yang ia yakini. Ia menuliskan mimpinya dan perjuangannya dalam surat-suratnya yang kemudian dibundel dalam sebuah buku. Buku ini berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang“. Sebenarnya judul bukunya pada awalnya bukanlah itu, tetapi “Dari Gelap Menuju Terang“. Kalimat ini digunakan Kartini untuk menggambarkan kondisi wanita di Indonesia saat itu dan harapan serta keyakinannya. Bahwa Kondisi wanita Indonesia akan terus membaik dan terus berjalan menuju terang.

Kartini meninggalkan semangat yang luar biasa. Kartini mengajarkan kita semua arti pentingnya bermimpi besar dan keyakinan.

Teman-teman, Kartini adalah pahlawan bangsa kita. Beliau bukan hanya sekedar pahlawan para wanita, tetapi pahlawan seluruh bangsa. Saat ini sudah saatnya kita untuk meneruskan perjuangan beliau. Meneruskan semangat beliau. Beranilah bermimpi besar, walau itu artinya teman-teman harus menentang “dunia”. Teruslah menginspirasi orang-orang disekeliling teman-teman untuk bermimpi besar dan yakin pada diri mereka. Karena saat teman-teman bermimpi besar dan berusaha kuat untuk mewujudkannya, bukan hanya diri teman-teman yang merasakan manfaatnya dan merayakan kesuksesan teman-teman nantinya. Seluruh orang di sekitar teman-teman yang terinspirasi oleh teman-teman akan merayakan keberhasilan teman-teman sebagai keberhasilan mereka juga.

See you around,

Let Your Spirit Arise

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: